Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Banyak Tweet Tentang Covid-19 Berperilaku Seperti Robot

Periset dari Universitas Carnegie Mellon berhasil menyisihkan 200 juta tweet yang berkaitan dengan virus corona. Kesimpulan awal mereka adalah sekitar 45 persen tweet tersebut datang dari akun yang berperilaku seperti robot (bot).

Kathleen Carley, seorang profesor ilmu komputer dari Universitas Carnegie Mellon menyatakan kalau tweet-tweet tersebut berperilaku ibarat mesin propaganda, cocok sekali apa yang pernah Rusia dan China lakukan, namun masih butuh pembuktian lebih jauh tentang ini.

Ada sekitar 100 narasi salah tentang COVID-19 yang dikeluarkan oleh akun bot tersebut. Narasi salah diantaranya rumah sakit yang diisi dengan manekin dan menghubungkan antara penyebaran virus corona dan tower BTS 5G.

Namun, pihak twitter menjawab kalau mereka sudah berusaha menangkal ini dengan cara menghapus ribuan tweet keliru atau berpotensi merusak informasi sebenarnya tentang virus Corona.

Twitter juga bilang bahwa sistem internal otomatisnya sudah merintangi 1,5 jutaan akun yang kerap men-tweet tentang virus corona dengan perilaku yang tidak wajar.


Sumber Referensi: Opini.id
riyanhero
riyanhero admin@tehingkok.com